Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Al - Qur’an Hadist Kelas VII MTsS samahani Kabupaten Aceh Besar

Authors

  • Aisyah Idris Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry
  • Nurbayani Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry
  • Maysyurah Turiza Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry

Keywords:

Kesulitan Belajar, Al-Qur’an Hadist

Abstract

Hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik masih tergolong rendah. faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik disebabkan peserta didik mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kesulitan belajar yang dialami peserta didik beserta dengan faktor penyebabnya. Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data  yaitu wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan terdiri atas tiga langkah kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, serta verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu : 1) Kesulitan belajar pada pelajaran Al-Qur’an Hadist terdapat beberapa macam, diantaranya yaitu: pertama, peserta didik mengalami kesulitan membaca Al-Qur’an yang disebabkan karena siswa belum memahami secara keseluruhan tentang huruf hijaiyah, kesulitan pengucapan huruf hijaiyah sesuai dengan makhraj yang benar, dan kesulitan dalam penerapan tajwid atau hukum-hukum bacaan. Kedua, siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan menghafal ayat Al-Qur’an dan Hadist beserta isi kandungannya. Kesulitan ini dialami siswa karena kurangnya kemampuan siswa dalam memahami dan menghafalkan bacaan Al-Qur’an dan Hadist. 2) Faktor-faktor penyebab peserta didik kesulitan belajar pada pelajaran Al-Qur’an Hadist diantaranya yaitu kurangnya minat dan motivasi belajar siswa, kurang dan lemahnya kemampuan siswa dalam membaca dan mengingat, kurangnya perhatian orang tua, kurangnya kemampuan guru dalam menyajikan proses pembelajaran, dan minimnya sarana dan prasarana yang disediakan oleh sekolah.

References

Ayu Putri Utami . “Kesulitan Belajar: Gangguan Psikologi Pada Siswa Dalam Menerima Pelajaran “.Scienceedu Vol. II. No. 2, Desember 2019 . h. 92.
Hepi Ikmal, “Strategi Guru Al-Qur’an Hadits dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Peserta Didik”. Jurnal Akademika, Vol. 12, No. 2, 2018, h.214.
Muhammad Khairul Safa’at, dkk. “Efektivitas Metode Tikrar dan Talqin Dalam Meningkatkan Pembelajaran Al-Qur’am Pada Program Unggulan Kelas Tahfidz di SMP Islam AL Abidin Surakarta”. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 5, No. 1, 2019, h. 83.
Novayaturrahmi, “Dampak Keberadaan Taman Pendidikan Masyarakat Tanyoe Terhadap Minat Baca Anak di Gampong Lambirah Aceh Besar”. Skripsi, Fakultas Adap dan Humaniora Universitas Islam Negri Uin Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh, 2014, h. 30.
Rahayu Sri Waskitonigtyas, “AnalisisKesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota BalikpapanPada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 5, No. 1, 2016, h. 26.
Saddam Husein, dkk. “Urgensi Pembelajaran Al-Qur’an Hadist Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Di Mts Nurul Ikhlas Kalapa Dua Seram Bagian Barat”. Jurnal Al-Iltizam,, Vol.3, No.1, Mei 2018, h. 3.
Wardah Hanafie Das. “Diagnosis Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam dan Solusinya”. Jurnal ISTIQRA’, Vol. V, No. 2, 2018, h. 13.
Siti Nusroh, “Analisis Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Serta Cara Mengatasinya”. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 5, No. 01, 2020, h. 87.
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, (Bandung: Alfabeta, 2005), h. 45.
Supriandi . “Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran PAI Kelas X MAN 1 Pinrang “. Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan . Vol 19, No 1. April 2021 . h. 67-68.
Taufiq Ismail , Dkk. “Strategi Guru Tahfidz Dalam Mengatasi Kesulitan Menghafal Al-Qur’an “.Mamba’ul ‘Ulum, Vol. 18, No. 2, Oktober 2022. H. 167.

Downloads

Published

2023-06-24

How to Cite

Aisyah Idris, Nurbayani, & Maysyurah Turiza. (2023). Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Al - Qur’an Hadist Kelas VII MTsS samahani Kabupaten Aceh Besar . URNAL LMIAH AHASISWA, 1(1), 117–128. etrieved from https://jim.ar-raniry.ac.id/ej/article/view/364