Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Animasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Fera Annisa Program Studi Pendidikan Fisika FTK, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia
  • Hidayat Program Studi Pendidikan Fisika FTK, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia
  • Soewarno Program Studi Pendidikan Fisika FTK, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia

Keywords:

Media Pembelajaran, Berbasis Animasi, Hasil Belajar

Abstract

Indikator pembelajaran yang berkualitas salah satunya dapat dilihat dari hasil belajar yang dicapai siswa. Efektivitas media Pembelajaran dapat menumbuhkan semangat belajar siswa, membuat suasana belajar lebih menyenangkan sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajarnya. Salah satu media pembelajaran yang efektif adalah media berbasis animasi. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran berbasis animasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre eksperimen. Desain penelitian pre eksperiment one group pre-test post-test. Populasi penelitian 25 siswa dan sampel 25 siswa yang diambil dengan teknik total sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar tes. Pengumpulan data menggunakan Tes. Analisa data menggunakan rumus distribusi frekuensi dan penentuan N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa terhadap efektivitas media pembelajaran berbasis animasi dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,3 artinya tergolong dalam kategori sedang.

References

Abidin Ibnu Rusn. (2009). Pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Agus Suprijono. (2010). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ahmad Nasih, Kholidah. (2009). Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Refika Aditama.

Ardianti. (2021). Peran Media Animasi Dengan Metode Pembelajaran Time Token Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar. Journal of Biology Education.
Arif S. Sadiman (2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Artawan. (2010). Media Animasi. Jakarta: Yrama Widya.
Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.
Fathurrohman Pupuh, Sobry Sutikno. (2009). Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama.

Furoidah. (2009). Animasi Sebagai Media Pembelajaran. Surabaya: Mentari Pustaka.
Hamalik. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Kadek Sukiyasa. (2013) Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif, Jurnal Pendidikan Vokasi Jurnal Pendidikan Vokasi 3, Nomor 1.
Kamriantiramli, Media Animasi untuk Siswa: http://kamriantiramli. Wordpress com/2011/02/28/pengaruh-penggunaan-media-animasi-sebagai-strategi-pembelajaran-aktif-pada-konsep-metabolisme-di-kelas-xii-man-negeri-2- sinjai
Riyanto. (2012). Paradigma Baru Pembelajaran (Sebagai Referensi Bagi Pendidikan dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas), Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sadiman dkk. (2007). Media Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo.
Sanjaya (2006). Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Shella. (2017). Pengembangan Media Video Animasi Anti Kekerasan Verbal dalam Layanan Informasi di SMPN 1 SRENGAT Bimbingan dan Konseling, 2017.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R dan D. Bandung: Alfabeta.
Zimmerman. (2001). Students Differences in Self Regulated Learning: Relating Grade, Sex, And Giftedness To Self Efficacy And Strategy Use. Journal of Educational Psychology, 82 (1).

Downloads

Published

2023-06-28

How to Cite

Fera Annisa, Hidayat, & Soewarno. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Animasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa . URNAL LMIAH AHASISWA, 1(1), 51–58. etrieved from https://jim.ar-raniry.ac.id/ej/article/view/338