Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality Terhadap Efektifitas Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kesehatan Dan Keselamatan Kerja

Authors

  • Maryu Fira ) Program Pendidikan Teknik Elektro, UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Ridwan ) Program Pendidikan Teknik Elektro, UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Muhammad Rizal Fachri ) Program Pendidikan Teknik Elektro, UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Keywords:

Media Instruksional, Virtual Reality.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya Persediaan Peralatan Perlindungan Diri (PPE) di laboratorium untuk kursus K3. sehingga mahasiswa tidak dapat berlatih langsung bagaimana dan apa yang harus diperhatikan untuk mencegah kecelakaan kerja dan bagaimana dampak kelalaian dalam menggunakan Peralatan Perlindungan Diri (PPE). Oleh karena itu, salah satu upaya yang dilakukan penulis adalah mensimulasikan penggunaan peralatan K3 dan melakukan proses instalasi setelah menggunakan PPE sehingga jika mahasiswa melakukan kesalahan selama proses simulasi, aplikasi yang digunakan akan segera memberitahu masalah atau kesalahan yang terjadi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan virtual reality terhadap efektivitas pembelajaran mahasiswa, tentu saja mahasiswa yang mengambil kursus K3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis virtual reality ini adalah media pembelajaran yang menarik sehingga 76% mahasiswa menyukai media pembelajaran tersebut, dan berdasarkan hasil validasi media itu sendiri, media ini mendapatkan 81% sehingga dapat dikategorikan sebagai "Sangat Layak". Jadi berdasarkan hasil yang telah diperoleh, media pembelajaran ini cocok untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

References

Rohmah Hayatul,”Pengaruh Program Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Terhadap Kompetensi dan Produktivitas Kerja Terhadap Karyawan pada PT Padasa Enam Utama Kota Kampar Hulu”,Skripsi Universitas Islam Riau, 2021.
K. G. Herlangga,”Virtual Reality dan Perkembangannya,” 2016. [daring].Tersedia pada: Https://www.codepolitan.com/virtualreality-dan-%0D%0Aperkembangannya.
M. Jamil,”Pemanfaatan Tekcologi Virtual Reality (VR) di Perpustakaan,” Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, hal. 99-133, 2018.
Susanti dan Aifan,”Game Perakitan Komputer berbasis Mobile Menggunakan Metode Finite State Machines (FSM),” J. Teknol. Dan Open Source, Vol. 2, no. 1, hal. 24-33,2019.Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.(Jakarta: Kencana Prenada Media Grup,2010.

Downloads

Published

2023-06-28

How to Cite

Maryu Fira, Ridwan, & Muhammad Rizal Fachri. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality Terhadap Efektifitas Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kesehatan Dan Keselamatan Kerja. URNAL LMIAH AHASISWA, 1(1), 39–50. etrieved from https://jim.ar-raniry.ac.id/ej/article/view/337