Etnosains Strategi Pembelajaran Berbasis Budaya dan Kearifan Lokal
Keywords:
etnosains, strategi pembelajaranAbstract
Pembelajaran sains tidak hanya terpaku pada materi ilmiah yang ada pada buku sebagai sumber belajar. Budaya dan kearifan lokal yang ada di daerah dapat digunakan sebagai objek dan media pembelajaran. Keragaman budaya dan sumber daya alam merupakan kekayaan alam Indonesia yang dapat digunakan dalam meningkatkan pemahaman peserta didik dalam pembelajaran sains. Dalam bidang pendidikan kearifan lokal dapat membantu peserta didik dalam memahami materi yang bersifat ilmiah. Guru dapat memanfaatkan kekayaan budaya daerah untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dan sekaligus memperkenalkan budaya dan kearifan lokal yang ada.
References
Atmojo, S., E., 2012, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1, 2, 115-122.
George,C. (1991) School Science and etnoscience. Journal of science of mathematics Education in South East Asia , 24(2), 27-36.
Hasan.S.H. (2000). Pendekatan Multikultural Untuk Penyempurnaan Kurikulzwz Nasiorzal. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.No. 26 Th.6 Oktober 2000.
Hewson, M.G & Hewson, P.W. (1996).Effett ofInstruction Using Students’ Prior Knowledge and Conceptual Change Strategies on Science Learning.Journal of Research in Science Teaching.John Willey & Sons, Inc. 20 (8).
Jegede,OJ& P.A.Okebukola (1989). Influence of Socio-Cultural Factor on Secondary Students’ Attitude toward Science.Research in Science Education. 19. 155-164.
Johnson, E.B. (2002). Contextual Teaching Learning. California: Corwin Press.
Khoerunnisa, R., F., dan Sudarmin, 2013, Unnes Science Education Journal, 3.
Rahayu, W., Sudarmin, 2015, Unnes Science Education Journal, 4, 2.
Rosyidah, A., N., Sudarmin dan Saidi, K., 2013, Unnes Science Education Journal, 2,
Shidiq, Ari Syahidul. Pembelajaran Sains Kimia Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa. Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia VIII “. Peningkatan Profesionalisme Pendidik dan Periset Sains Kimia di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”. Program Studi Pendidikan FKIP UNS. Surakarta, 14 Mei 2016
Sumarni, Woro. 2018. Etnosain dalam Pembelajaran Kimia, Prinsip, Pengembangan dan Implementasinya. Semarang, Unnepress 1.
Ninnes, P., 2000, International of Science Education, 22, 6, 603-617
Jegede,OJ& P.A.Okebukola (1989). Influence of Socio-Cultural Factor on Secondary Students’ Attitude toward Science.Research in Science Education. 19. 155-164.
Rapanna, Patta. 2016. Membumikan kearifan lokal dalam kemandirian ekonomi, Makasar, Sah Media. Hal. 4