Penerapan Miniatur Listrik Pada Materi Komponen – Komponen Instalasi Listrik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Darul Kamal Aceh Besar
Keywords:
Miniatur, Listrik, Hasil Belajar.Abstract
Hasil observasi menunjukkan masih rendahnya hasil belajar siswa ketika diberikan tes, hal ini terlihat dari siswa tidak dapat menjawab soal yang diberikan dan tidak hadir ke sekolah ketika proses pembelajaran berlangsung, proses pembelajaran masih berpusat pada guru, sehingga kurang memberi kesempatan pada siswa untuk aktif mendorong kemampuannya. Pemakaian media pembelajaran berbasis miniatur sebagai media dalam kegiatan proses belajar mengajar guna mengembangkan kemampuan berfikir siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah penerapan miniatur listrik sehingga diketahui apakah layak digunakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest. Pengumpulan data dilakukan menggunakan uji validasi, tes dan angket respon siswa dengan teknik analisis data kuantitatif. Hasil Validasi dari validator ahli media terhadap Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan penerapan miniatur listrik berdasarkan total skor dan persentase validasi dari ahli Media 1 didapatkan total skor 63 (97%) dan ahli media 2 tanggapan guru total skor 61 (94%), maka berdasarkan hasil validasi dari 2 validator keseluruhan rata-rata diperoleh persentase sebesar 95,5% dengan kategori Sangat Valid. Hasil belajar siswa kelas XI TITL terdiri dari 1 kelas, dengan nilai rata-rata pretest 79,3 Naik pada nilai rata–rata posttest sebesar 94. Hasil tes pretest dan posttest dengan uji paired sample t-test menyatakan thit > ttab (6,29 > 2,57) maka Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Terdapat Peningkatan perbedaan hasil belajar siswa kelas XI setelah penerapan miniatur listrik. Hasil tanggapan respon siswa terhadap penerapan miniatur instalasi listrik menunjukkan respon positif dengan 77% menjawab setuju, dengan kategori Sangat Layak.
References
Aprilia, A, E, R., & Kusnan, K. (2020). Studi Penggunaan Maket Instalasi Lisrik Pada Mata pelajaran Konstruksi Dan Utilitas Gedung di SMK Teknik Bangunan. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 6(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/36129/32187
Eliza, F., Syamsuarnis, S., Myori, D. E., & Hamdani, H. (2017). Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Diklat Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Sederhana. INVOTEkK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(1): 1-10.
Haq, F, R., & Elfizon, E. (2022). Penerapan Model Project-Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2). http://jpte.ppj.unp.ac.id/index.php/JPTE/article/view/194
Hamalik, O. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jawa Barat: Hidayatul Quran Kuningan.
Indonesia, SN. (2011). Persyaratan Umum Instalasi Listrik 2011. Jakarta: BSN.
Mawardi, M, Fathiah, & Annas, K., (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran Snowbal Throwing Pada Pembelajaran Dasar Telekomunikasi. Circuit: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 6(1). https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2566764
Nuryani, ddk. (2017). Dasar-Dasar Statistik. Yogyakarta: Sibuku Media.
Waseso, Dwi. (2017). Memasang Instalasi Tenaga dan Penerangan Listrik Sederhana. Yogyakarta: Relasi Inti Media.