Pengembangan Lembar Kerja Pesera Didik Mata Pelajaran Praktik Penerapan Rangkaian Elektronika Di SMK 1 Muhammadiyah Banda Aceh
Keywords:
Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik.Abstract
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sangat diperlukan dalam pembelajaran untuk mendukung siswa dalam menstimulasi kemampuan menyelesaikan berbagai permasalahan belajar. Namun demikian, tidak semua LKPD mampu menstimulai dan memotivasi peserta didik untuk lebih giat dalam belajar. Oleh karenanya diperlukan pengembangan LKPD sehingga menjadi lebih menarik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diinginkan. Pengembangan LKPD ini mengadopsi model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Lee dan Owens yaitu analisis desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Tetapi, untuk pengembangan LKPD ini, peneliti hanya membatasi sampai tahap development (pengembangan) dan telah dimodifikasi. Hasil pengembangan LKPD pada materi Mendemonstrasikan rangkaian pengatur nada layak digunakan dilihat dari aspek kevalidan. Dimana hasil validasi materi diperoleh skor 4,60 dengan kategori sangat baik. Selanjutnya, hasil validasi media diperoleh rata-rata 4,30 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, LKPD yang telah dikembangkan dan diimplemtasikan di kelas XI Jurusan Teknik Audio Video SMK 1 Muhammadiyah Banda Aceh mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan perolehan nilai rata-rata tes siswa 77,33 dan ketuntasan belajar mencapai 80%. Selain itu, sebanyak 60% siswa sangat setuju dengan penggunaan LKPD dalam pembelajaran penerapan rangkaian elektronika, selanjutnya 26,67% setuju dan sebanyak 13,33% siswa kurang setuju sebanyak 86,67% siswa merespon dengan baik penggunaan LKPD dalam pembelajaran materi mendemonstrasikan rangkaian pengatur nada.
References
Andi Prastowo, 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Arikunto, 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Aru Tirto Prihono dan T. Radya Sahisnu. 2019. Penerapan Rangkaian Elektronika SMK/MAK Kelas XII. Jakarta: Andi.
Azhar Arsyad, 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Dewi, P., Belawati, T., Purwanto dan Sadjati, I.M., 2004. Teknologi Pembelajaran Peningkatan Kualitas Belajar Melalui Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidik.
Ganti Depari. 2005. Teori Rangkaian Elektronika - SMKTA Jurusan Elektronika Komunikasi. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Isjoni, dkk. 2008. Model-model Pembelajaran Mutakhir, Jakarta: Pustaka Pelajar.
Maryono. 2008. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika di SMK. Tesis. Yogyakarta: Jurusan Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana.Universitas Negeri Yogyakarta.
Punaji Setyosari, 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryono dan Hariyanto, 2014. Belajar dan Pengajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, Surabaya: Kencana.
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2003.
Wardiman Djojonegoro. 1999. Pengembangan Sumberdaya Manusia Melalui Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Balai Pustaka.
Widodo, Chomsin S. dan Jasmadi. 2008. Panduan Menyususun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Alex Media Komputindo.