Model Role Playing Sebagai Strategi Pembelajaran Inklusif

Authors

  • Darmiah UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Keywords:

Model Role Playing, Sikap empati, Tunalaras

Abstract

Penguasaan bahan pelajaran berdasarkan pada kreatifitas serta ekspresi siswa dalam meluapkan imajinasinya terkaid dengan bahan pelajaran yang ia dalami tanpa adanya keterbatasan kata dan gerak,namun tetap  tidak keluar dari bahan ajar.  Model role playing bertujuan membantu siwa dalam menentukan jati diri atau makna diri di dunia sosial dan memecahkan dengan bantuan kelompok. Artinya melalui bermain peran siswa belajar menggunakan konsep peran menyadari adanya peran-peran yang berbeda antara dirinya dengan teman-teman yang lain. Setiap anak sebenarnya memiliki kemampuan untuk memberikan respon dengan cara empati, tidak terkecuali anak berkebutuhan khusus. Anak berkebutuhan khusus yang kesulitan dalam mengembangan kemampuan empati, salah satunya yaitu anak tunalaras. Permasalahan rendahnya empati dimunculkan oleh anak tunalaras dari perilaku- perilakunnya. Hubungan pertemanan yang baik dapat diungkapkan dengan bersikap hangat terhadap orang lain. Metode role playing memiliki keunggulan guna meningkatkan kemampuan empati anak tunalaras, karena dalam kegiatan role playing terdapat peran-peran yang harus dimainkan oleh anak. Peran yang  dimainkan diangkat dari permasalahan anak dengan lingkungan sekitar anak

References

Aini Mahabbati.(2010).Pendidikan Inklusif Untuk Anak Dengan Gangguan Emosi

dan Perilaku (Tunalaras).Jurnal Pendidikan Khusus.Vol 7 (2):52-63.

http://journal.uny.ac.id/index.php/jpk/article/view/778

Arleni Taregan ( 2016 ) Penerapan Model pembelajaran Role Playing Untuk meningkatkan Hasil Belajar IPS kelas III SD Negeri 013 Lubok Kembang sari Kecamatan Ukut, Jurnal Primaiy Vol 5 No 1.

Isnawati Alidha Nurhasanah Ateb Sujana dan Ali Sudin ( 2016) Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada materi Makhluk Hidup Dan Lingkungan. Vol 1 No 1

Isrok ‘atun Amalia Rosmala ( 2018 ) Model-Model Pembelajaran Matematika . Jakarta Bumi Aksara.

Djamarah S. dan Zain Aswan ( 2010 ) Strategi Belajar Mengajar. Jakarta , PT. Rineka Cipta .

Lita Ariyani ( 2021 ) Model Dan media Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Surabaya Scopindo Media Pustaka.

Masyithah dan Laksmi Dewi ( 2009 ) Strategi Pembelajaran . Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama .

Nining Maria Ningsih ( 2018 ) Bukan Kelas Biasa . Surakarta Kekata Group.

Uno H B ( 2012) Model Pembelajaran : Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif.P T Bumi Aksara.

PSG, Kemendikbud, UNY.(2012).Modul Pendidikan Luar Biasa.Yogyakarta: UNY,UAD,UPY

Tin Suharmini.(2009).Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus.Yogyakarta:Kanwa

Publisher

Yulia Siska.(2011).Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Dan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini.ISSN.No (2)31-37.httpjurnal.upi.edufile4-Yulia_Siska-edit. pdf. Diunduh pada tanggal 26 Oktober 2015,pukul 14.05

Zulhaida Filina.(2013).Efektivitas Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Kosa Kata Anak Tunarungu.Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus.Vol 1 (1) 311-318.Httpejournal.fip.unp.ac.idindex.phpjupekhuarticleview955811

Downloads

Published

2024-06-14

How to Cite

Darmiah. (2024). Model Role Playing Sebagai Strategi Pembelajaran Inklusif. URNAL LMIAH AHASISWA, 2(1), 43–53. etrieved from https://jim.ar-raniry.ac.id/ej/article/view/562