Teori Preskriptif dan Deskriptif dalam Pengembangan Pembelajaran Bahasa Arab

Authors

  • Ismail Muhammad UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Safrina Arian UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Aisyah Idris UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Keywords:

pembelajaran Bahasa Arab, preskriptif dan deskriptif

Abstract

Di satu sisi Bahasa Arab adalah media resmi bagi umat Islam. Di sisi lain, Bahasa Arab adalah bahasa internasional yang dipakai sebagai media komunikasi dalam bidang ekonomi, sosial, politik dan lainnya. Seiring dengan peran dunia Arab yang semakin menguat, posisi Bahasa Arab juga semakin menguat secara global, sehingga menjadi Bahasa yang dibelajarkan di berbagai universitas. Berkaitan dengan pembelajaran Bahasa Arab ini, muncul pertanyaan tentang teori dasar dalam pembelajaran Bahasa Arab. Apakah pembelajaran Bahasa Arab, menggunakan teori preskriptif ataukah menggunakan teori deskriptif? Artikel ini disusun melalui kajian kepustakaan yang dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi dari sejumlah referensi, sesuai kebutuhan. Dari hasil kajian diperoleh kesimpulan bahwa, pembelajaran Bahasa Arab dalam bidang keilmuan Islam wajib berpegang kepada teori preskriptif, yang terikat secara ketat dengan struktur bahasa Arab fushā. Sedangkan pembelajaran Bahasa Arab di luar bidang keilmuan Islam, atau sebagai media komunikasi global dapat dilakukan dengan teori deskriptif.

References

Chaer, A. (2019). Linguistik Umum Edisi revisi. Rineka Cipta : Jakarta.

Culler, J. (1996). Sausure. Dept. P & K.

Doni Septi. (2016). Urgensi Bahasa Arab Dalam Perkembangan Ilmu Pengetahuan. In Jurnal Ilmu Islam (Vol. 1, Issue 1).

Haekal, M. H. (2018). Sejarah Hidup Muhammad. E-Book, 51(1).

Hijāzi, M. F. (n.d.). Ilmu al-Lugah al-Arabiyah, Madkhal Tārīkhiy Muqāran Fī Dhaui al-Turās wa al-Lughāt al-Sāmiyah, Kairo. Dār Gharīb li al-Thabā’ah wa al-Nasyr wa al-Tauzi’.

Jostein Gaarder. (2014). Dunia Sophie sebuah novel filsafat. In MizanPustaka.

Khoirun Nisa, S. R., & Dkk. (2023). Urgensi Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran di Tingkat Pendidikan Tinggi. Urgensi Hasil Penelitian Dan Pengabdian Yang Inovatif Serta Adaptif Untuk Mendukung Indonesia Bangkit Lebih Kuat. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNHPP/article/view/1530/pdf

Lyons, J. (1995). Pengantar Teori Linguistik. Gramedia.

Manshur, A. M. S. (1982). Ilmu al-Lugah al-Nafsi. Jamīah al-Malik Su’ūd.

Masruri, M. H. (2007). Tadrīs ‘Anāsir al-Lugah.

Richards, J. C., & Schmidt, R. W. (2013). Longman Dictionary of Language Teaching and Applied Linguistics. In Longman Dictionary of Language Teaching and Applied Linguistics. https://doi.org/10.4324/9781315833835

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science, 6(1). https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555

Soeparno. (2002). Dasar-dasar Linguistik Umum. Tiara Wacana.

Thatha, H. (1990). Kalam al-Arab, min Qadhāya al-Lugah al-Arabiyah (VIII). Dar al-Kalam.

Verhaar, J. W. . (2013). Pengantar Linguistik. In Cipta Prima Nusantara Semarang, CV.

Wahab, M. A. (2015). Revitalitsasi Metodologi Penelitian Bahasa Sebagai Basis Pengembangan pendidikan Bahasa Arab. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Downloads

Published

2024-06-14

How to Cite

Muhammad, I. ., Arian, S., & Aisyah Idris. (2024). Teori Preskriptif dan Deskriptif dalam Pengembangan Pembelajaran Bahasa Arab. URNAL LMIAH AHASISWA, 2(1), 54–66. etrieved from https://jim.ar-raniry.ac.id/ej/article/view/556