Hubungan Self-Regulated Learning Dengan Academic Adjustment Pada Santri di MAS Darul Ulum Banda Aceh
Keywords:
Self-Regulared Learning, Academic Adjustment, SantriAbstract
Padatnya aktivitas dan tuntutan akademik yang tinggi menuntut santri memiliki kemampuan academic adjustment yang baik. Salah satu cara untuk meningkatkan academic adjustment adalah dengan mengembangkan kemampuan self-regulated learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Self-Regulated Learning dengan Academic Adjustment pada Santri di MAS Darul Ulum Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 95 santri kelas X di MAS Darul Ulum Banda Aceh dengan total populasi 132 santri. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode simple random sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar r = 0,596 dengan nilai signifikansi (p) sebesar 0,000. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ini dapat diterima yaitu terdapat hubungan yang signifikan. Hubungan kedua variabel menunjukkan bahwa semakin tinggi self-regulated learning maka semakin tinggi pula academic adjustment. Sebaliknya semakin rendah self-regulated learning maka semakin rendah pula academic adjustment.