Penerapan Media Canva Dalam Pembelajaran Klasifikasi Makhluk Hidup SMPN 19 Takengon

Authors

  • Eriawati Universitas Islam Negeri Ar- Raniry Banda Aceh
  • Nurlia Zahara Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Anisa Ayu Rizki Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.22373/w8kght47

Keywords:

Media Canva, Klasifikasi Makhluk Hidup, Hasil Belajar

Abstract

Proses pembelajaran IPA di SMPN 19 Takengon selama ini masih berlangsung secara konvesional, di mana kebiasaan guru lebih dominan menggunakan media buku dan papan tulis tanpa melibatkan penggunan media pembelajaran yang variatif dan interaktif. Hal ini menyebabkan peserta didik menjadi pasif dalam proses belajar, serta mengalami kesulitan dalam memahami konsep IPA. Upaya dalam mengatasi permasalahan ini salah satunya adalah dengan menerapkan media pembelajaran berbantuan aplikasi canva. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar peserta didik kelas VII SMPN 19 Takengon. Penelitian ini menggunakan metode pre- experiment menggunakan jenis desain one group pre-test and post-test desaign. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMPN 19 Takengon yang terdiri dari satu kelas saja, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII yang berjumlah 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan Tes hasil belajar berupa pre-test dan post-test. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 65. Skor rata-rata pre-test adalah 32 dengan kategori tidak tuntas, sedangkan skor rata-rata post-test meningkat menjadi 78 dengan kategori tuntas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan media pembelajaran berbantuan aplikasi canva tuntas meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik, serta mencapai KKM yang telah ditetapkan.

Author Biography

  • Eriawati, Universitas Islam Negeri Ar- Raniry Banda Aceh

    semangat Untuk Menjelang masa depan

References

Abdul Muis Romadhoni, ”Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Sarana Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Belajar”, Jurnal Citra Pendidikan, Vol. 4, No. 1, (2024), h. 1563-1564. Doi: https://doi.org/10.38048/jcp.v4i1.3094

Darmawan Harefa, dkk, Teori Perkembangan Peserta Didik, (Jawa Barat: CV Jejak, 2023), h. 110

Dyan Yuliana, dkk, “Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Vidio Pembelajaran Kreatif, Inovatif Dan Kolaboratif”, Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, Vol. 6, No. 2, (2023), h. 249

Hasan, M., dkk. (2021). Media Pembelajaran. Jawa Tengah: Tahta Media Grup.

Jamaluddin, A., dan Wardana.(2019). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Anggota IKAPI.

M Ramli, “Media Pembelajaran Dalam Perspektif Al-Qur‟an Dan Hadist”, Jurnal Kopertais Wilayah, Vol. 13, No. 23, (2015), h. 132

Rukminingsih, dkk, Metode Penelitian Pendidikan, (Yogyakarta: Erhaka Utama, 2020), h. 44

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010), h. 120

Sugiyono, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2012), h. 10.

Vivi Devi Permatasari, dkk, “Penerapan Media Pembelajaran Vidio Animasi Berbasis Aplikasi Canva Pada Siswa SD”, Jurnal Konferensi Ilmiah Dasar, Vol. 5, (2024), h. 1215

Downloads

Published

2025-12-01

How to Cite

Penerapan Media Canva Dalam Pembelajaran Klasifikasi Makhluk Hidup SMPN 19 Takengon. (2025). JURNAL ILMIAH MAHASISWA , 3(2), 48-56. https://doi.org/10.22373/w8kght47