Efektivitas Budaya Organisasi Terhadap Kopetensi Sosial Guru
DOI:
https://doi.org/10.22373/nsa29s21Abstract
Budaya organisasi sekolah berkaitan langsung dengan kompetensi guru, terutama kompetensi sosial, masih ditemukan belum optimalnya budaya organisasi. Tujuan penelitian ini untuk melihat efektivitas budaya organisasi terhadap kopetensi sosial guru di SMA Insafuddin Banda Aceh. Metode penelitaian kuantitatif dengan Teknik pengambilan sanpel random sampling, analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan nilai t hitung t tabel (12.653 > 1.734) dari nilai signifikan 0,000 < 0,005, maka dapat disimpulkan adanya efektivitas antara budaya organisasi dan kompetensi sosial guru.
References
Aidah, A., & Nugraha, M. S. (2024). Penerapan psikologi organisasi dalam meningkatkan efektivitas manajemen di lembaga pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(4), 568–582.
Albi Anggito dan Johan Setiaawan. (2018). Metotodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Creswell, J. (2015). Riset pendidikan: Perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi riset kualitatif & kuantitatif. Pustaka Pelajar.
Dara Mayang Sari, dkk. (2022). Pengembangan Budaya Organisasi di Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2).
Febrianti, I., Ayumi, M., Panjaitan, A., & Manurung, A. S. (2025). Peran komunikasi interpersonal dalam membangun identitas dan budaya organisasi. RISOMA: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(1), 60–70.
Genisa, L., & Mulyana, D. I. (2021). Implementasi Penerapan Metode C4.5 dan Naïve Bayes Dalam Tingkat Kelulusan Akreditasi Lembaga PAUD Pada Badan Akreditasi Nasional. Jurnal Media Informatika Budidarma, 5(4), 1595. https://doi.org/10.30865/mib.v5i4.3267
Ghozali, I. (2018). aplikasi analisis multivariate dengan program ibm spss 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 161.
Hanifah, H., Taufik, K., & Suhardi, S. (2024). Pengaruh Motivasi Kerja, Budaya Organisasi dan Profesionalisme pendidik Terhadap Kinerja Pendidik pada SMP Negeri 6 Kota Sukabumi. Cahaya Mandalika, 2544–2557.
Hasibuan, P. M., & Hadijaya, Y. (2024). Implementasi Budaya Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Education Research, 5(3), 802–2809.
Ismail, I. M., & Husniyah, M. (2020). Pengembangan Pendidikan Pesantren Dalam Meningkatkan Profesionalisme Santri (Studi Pada Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’Iyah Nurul Huda Mergosono Malang). Transformatif, 4(1), 63–74. https://doi.org/10.23971/tf.v4i1.1878
Mudjiona, D. dan. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.
Nurmayuli, N. (2019). Hubungan Antara Supervisi Kepala Sekolah Dan Kompetensi Pedagogik Guru Madrasah Ibtidaiyah Se-Kota Lhokseumawe. Jurnal Al Mabhats, 4(1), 119–145.
Nurmayuli, N. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi pedagogik guru. Al Mabhats: Jurnal Penelitian Sosial Agama, 5(1), 77–104.
riduwan dan sunarto. (2016). pengantar statistika untuk penelitian pendidikan, sosial, ekonomi,komunikasi,dan bisnis. Alfabeta, 111.
Sari, E. N., & Nurmayuli, N. (2023). Perencanaan Full Day School Dalam Pembinaan Keagamaan Peserta Didik di SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh.,. Intelektualita, 12(2).
Shobri, M. (2025). Peran Kepala Madrasah sebagai Leader Visioner: Strategi Penguatan Mutu dan Integritas Lembaga Pendidikan Islam. AKSI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(3), 191–210.
sugiyono. (2019). metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta, 214–215.
Sutrisno, T., Lestari, L., Septiana, N., & Nursobah, A. (2021). Pelatihan Public Speaking Basic Kepada Siswa Kelas VI MI dan SD Di Desa Gedungan Kabupaten Sumenep Melalui Metode Demonstrasi. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 5(2), 360–372.
Yulianto, T., Siswanto, N. D., Indra, H., & Al-Kattani, A. H. (2024). Analisis manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru pada lembaga pendidikan. RESLAJ: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(3), 1349–1358.
Yusmariono, Y. (2017). Hubungan Antara Budaya Organisasi Dengan Kompetensi Sosial Guru. Benchmarking, 1(2).
Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurmayuli

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.






