Penggunaan Media Kartu Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Tunagrahita Ringan

Authors

  • Halimah Halimah SDLB Negeri Bambi

DOI:

https://doi.org/10.22373/tadabbur.v1i1.55

Keywords:

media kartu gambar;, membaca permulaan;, kemampuan membaca;, tunagrahita ringan

Abstract

Isi Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak tunagrahita ringan kelas II SDLB Negeri Bambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dalam penelitian ini diambil berdasarkan hasil tes,observasi, dan yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas II Tunagrahita ringan  SBLB Negeri Bambi yang berjumlah empat orang yang terdiri dari satu siswa perempuan (RA) dan tiga siswa laki-laki ( T.RF, AF, SAF). Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus, pada pembelajaran siklus pertama menunjukkan hasil dua siswa sudah memperoleh nilai diatas KKM atau sudah tuntas sedangkan nilai dua siswa lagi masih dibawah KKM atau belum tuntas,sehingga dilanjutkan ke siklus kedua dan hasil yang diperoleh keempat siswa sudah memenuhi nilai KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media kartu gambar dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak tunagrahita ringan.

References

Astati, dkk. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung :Universitas Pendidikan Indonesia, 2013.

Arikunto, Suhasimi. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : BumiAksara, 2000.

Arif, S. Sadiman. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembanan dan Pemanfaatannya. Jakarta : Raja GrasindoPersada, 1993.

DepartemenPendidikanNasional. Pedomam Pengelolaan Sekolah Berbasis Kecakapan Hidup pada PendidikanKhusus : Jakarta, 2003.

Ella Farida Rizen. Media Gambar. Bandung :Nujahid Press, 1999.

Hendry Guntur Tarigan. Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa, 1998.

Azimah, Azimah. “Optimalisasi Pendidikan Karakter Melalui Ekstrakurikuler Di SMP Negeri 1 Labuhan Haji Barat Aceh Selatan.” DAYAH: Journal of Islamic Education 1, no. 1 (March 18, 2018): 104–21. https://doi.org/10.22373/jie.v1i1.2422.

Juhra, Siti Wasilah, and Moch Fajarul Falah. “Taṭwir Kitab Al-Qirā’ah al-Rasyīdah Bi al-Șuwar.” DAYAH: Journal of Islamic Education 1, no. 1 (March 18, 2018): 1–26. https://doi.org/10.22373/jie.v1i1.2486.

Kathryn Straub & John E. Obrzut. Springer Science, Journal,Business Media, LLC. Diterbitkan online: 23 Januari 2009.

Kunandar. Langkah-langkah penelitian tindakan kelas. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.

Kusuma, Wiajya dan Dedi Dwitagama. MengenalPenelitianTindakanKelas. Jakarta: Indeks, 2009.

Martasuta, Umarjani. Pendidikan anak dengan hambatan Kecerdasan Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2013.

R. T. Katz. Neurologi Klinis, Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, Juornal Washington University School ofKedokteran, 4660 Maryland Ave., Suite 250, St Louis, MO 63108, USA, 2009.

Oemar Malik. Pengertian Gambar. Jakarta: BumiAksara, 1986.

Undang-undang RI. No.20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas Dirjen Dikti. Jakarta pusat: Bahasa Depdiknas.

http://file.upi.edu/Direktori/PLB/Pendidikan_Anak_Berkebutuhan_Khusus/Pendidikan%2BAnak%2BKebutuhan%2BKhusus%2BUNIT%2B5.pdf.

Downloads

Published

2019-04-15

How to Cite

Halimah, H. (2019). Penggunaan Media Kartu Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Tunagrahita Ringan. adabbur: urnal eradaban slam, 1(1), 171–191. https://doi.org/10.22373/tadabbur.v1i1.55