Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Listrik Dinamis dengan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw pada Siswa
DOI:
https://doi.org/10.22373/tadabbur.v1i1.52Keywords:
hasil belajar;, pembelajaran kooperatif;, jigsawAbstract
Kualitas pendidikan tidak dapat dipisahkan dari kualitas guru yang mengajar di depan kelas dalam melaksanakan pembelajaran, Seorang guru yang professional dituntut untuk mampu mengelola proses pembelajaran, penguasaan materi, penggunaan metode dan alat peraga yang tepat serta memotivasi siswa untuk belajar sehingga dapat tercipta kondisi belajar yang efektif efesien. Rendahnya pemahaman siswa pada konsep listrik dinamis terlihat dari ketidakmampuan siswa dalam menyelesaikan tes awal. Adapun hasil tes awal ini diikuti oleh sebanyak 31 orang siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Darul Makmur Nagan Raya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Konsep Listrik dinamis pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Darul Makmur, Nagan Raya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data dalam penelitian ini adalah berdasarkan hasil tes, observasi, Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 5 Darul Makmur Nagan Raya yang berjumlah 31 orang siswa dengan berbagai tingkat kemampuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif model jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar konsep listrik dinamis. Hal ini terbukti dengan meningkatnya jumlah siswa yang tuntas dalam belajar yaitu dari 0% sebelum pembelajaran berlangsung, menjadi 55 % pada siklus I, dan 93.54 % pada siklus II. Sedangkan perolehan nilai rata-rata yaitu 29 pada pra siklus menjadi 73 pada siklus I dan 84 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar konsep listrik dinamis pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Darul Makmur.
References
Ahmadi, Abu dan Joko T.P. Strategi Belqjar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia, 2005.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur peneliti. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Evendi. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika SLTP Poko, Bahasan Cahaya Berorientasi Pada Pembelajaran Langsung.Progran Studi Pendidikan Sains (Thesis). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya, 1999.
Gulo, W. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grasindo, 2005.
Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.
Kurniawati, Kurniawati. “Peranan Motivasi Berprestasi, Budaya Keluarga Dan Perilaku Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar PAI.” DAYAH: Journal of Islamic Education 1, no. 2 (July 10, 2018): 223–45. https://doi.org/10.22373/jie.v1i2.2963.
Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Nur, Mohammad dan P.R. Windari. Pengajaran Berpusat Kepada Siswt dan pendekatan Krontuktivitas Dalam Pengajaran. Surabaya: pusat Studi MIPA UNESA, 2000.
Purwanto,M,Ngalim. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosda Karya, 1985.
Ramadhan, Tu. “Peningkatan Hasil Belajar Mawaris Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.” DAYAH: Journal of Islamic Education 2, no. 2 (September 1, 2019): 230–50. https://doi.org/10.22373/jie.v2i2.4183.
Ruwanto, Bambang. Asas-Asas Fisika. Yokyakarta: Yudhistira, 1995.
Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Bandung; Tarsito, 1995.
Slavin, Robert. E. Coopeative Learning Theoriy Reseacrh and Practice. Boston: Allynand Bacon Publisher.
Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Grafindc Persada. 2009.
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya. 1989.
Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara. 2007.
__________. Menulis Karya Ilmah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2003.
__________. Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Bumi Aksara, 2007.
Sukewi. Proses Belajar Mengajar. Semarang : IKIP Semarang pres, 1994.
Surakhmand, winarno. Penelitian Kependidikan, Prosedur dan strategi. Bandung: Angkasa, 2005.
Tim Urge. Pentunjuk Pelaksanaan Pembelcxjaran Kooperatif. IKIP Surabaya: Program Pasca Sarjana, 1997.
Wina, Sanjana. Strategi pembelajaran: Berorientasi Standar proses pendidikan. Jakarta: kencana, 2007.