Korelasi Kompetensi Pedagogik Guru dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran PAI di SMA Negeri 2 Bireuen

Main Article Content

Nawawi

Abstract

Kompetensi Pedagogik guru PAI mempunyai hubungan positif atau negatif terhadap hasil belajar PAI sebagaimana kompetensi pedagogik yang dimiliki guru. Maka dilakukan penelitian tentang korelasi antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar PAI di SMA Negeri 2 Bireuen. Rumusan masalah dalam hal ini adalah apakah terdapat korelasi (hubungan) antara kompetensi pedagogik guru dalam membuat perencanaan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran dengan hasil belajar siswa pada pelajaran PAI.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kompetensi pedagogik guru PAI dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 2 Bireuen. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yang diteliti yaitu independent dan dependent. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan Guru PAI dan siswa SMA Negeri 2 Bireuen Kabupaten Bireuen. Sampel dalam penelitian ini adalah 74 siswa kelas XI dan guru PAI SMA Negeri 2 Bireuen dengan melakukan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Analisis data menggunakan analisis korelasi Product Moment SPSS 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar PAI siswa terlihat rendah. Hal ini ditunjukkan melalui analisis regresi dan korelasi. Dalam uji regresi pada taraf signifikan 10% diperoleh signifikansi sebesar 0,400 > 0,10 dan uji korelasi berada pada tingkatan 0,997 dengan koefisien determinasi 8%. Oleh karena itu, kesimpulannya bahwa tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar PAI siswa pada SMA Negeri 2 Bireuen.

Article Details

How to Cite
Nawawi. (2021). Korelasi Kompetensi Pedagogik Guru dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran PAI di SMA Negeri 2 Bireuen. Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, 3(2), 382-410. https://doi.org/10.22373/tadabbur.v3i2.220
Section
Articles

References

Abdul Majid, Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, Cet. Ke-2, 2014.
Anas Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.
Badan Standar Nasional Pendidikan dan Departemen Pendidikan Nasional, Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMA,Jakarta, 2010.
Daryanto, Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuain Pembelajaran, Yogyakarta: Gava Media, 2010.
Direktorat Pendidikan Agama Islam pada Sekolah, Standar Isi dan Standar Kompetensi Kelulusan Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Cet.III: Jakarta, 2010.
Farizal, Kompetensi Pedagogik Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada SMAN 1 Krueng Mane, Tesis: PPs UNSYIAH Banda Aceh, 2013.
Gusmarwan, Kompetensi Guru dalam Perencanaan Pembelajaran PAI pada SMA dan SMK Terpencil di Kabupaten Acehlm Barat, Tesis: PPs IAIN Ar-Raniry, 2010.
Herman Rasito, Pengantar Metodologi Penelitian, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2012.
Jamil Suprihatiningrum, Strategi Pembelajaran: teori dan aplikasi. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Juliansyah Noor, Metodologi Penelitian:Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah, Jakarta: Kencana, 2012.
Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2005.
Kasful Anwar, Perencanaan Sistem Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2010.
Kementerian Agama RI, Dirjen Bimas Islam, Al Quran dan Terjemahnya (Jakarta: Sinergi Pustaka Indonesia, 2012.
Kunandar, Guru Profesional (Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.
Kuncoro, Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa, dalam Jurnalnya, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung, Bandar Lampung, 2014.
Lukmanul Hakim, Perencanaan Pembelajaran, Bandung: Wacana Prima, 2010.
Mahmuddin, Kompetensi Pedagogik Guru Indonesia, Diakses dari http://mahmuddin.files.wordpress.com/2016/12/17/kompetensi-pedagogik-guru-indonesia.
Masnur Muslich, KTSP: Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual, Cet. II, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Moh Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010.
Mulyasa E, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, Cet. IX. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Oemar Hamalik, Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompotensi, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Pardede dan Manurung, Analisis Jalur Teori dan Aplikasi Dalam Riset Bisnis, Jakarta: Rineka Cipta, 2014.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan
Roestiyah N. K, Masalah-Masalah Ilmu Keguruan, Jakarta: Bina Aksara, 2012.
Rusman, Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalme Guru Abad 21, Bandung: Alfabeta, 2012.
Rusnawati, Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Memotivasi Minat Belajar Siswa Pada SMAN 1 Leupung, Tesis: PPs UNSYIAH Banda Aceh, 2012.
S. Nasution, Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, Bandung: Tarsito, 2012.
Sadulloh dkk, Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2014.