Pengaruh Model Active Knowledge Sharing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Monera

Authors

  • Erna Diana Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Mulyadi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Ahmad Zidan Al Ghifari Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.22373/txkstq60

Keywords:

Hasil Belajar, Monera, Model Active Knowledge Sharing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan melalui model active knowledge sharing pada materi monera di MAS Al-Manar Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental dengan desain jenis one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas X IPA di MAS Al-Manar Aceh Besar, adapun sampel dalam penelitian ini kelas X IPA 2. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data hasil belajar peserta didik menggunakan lembar soal tes. Analisis data hasil belajar peserta didik menggunakan rumus N-Gain dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu 0,64 dengan kriteria sedang. Hasil uji-t diperoleh t-hitung (13,55 > 1,717) t-tabel. Disimpulkan bahwa penggunaan model active knowledge sharing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

References

Arikunto, Suharsimi. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: RinekaCipta.

Achru P., Andi. (2019). "Pengembangan Minat Belajar dalam Pembelajaran", Jurnal Idaarah. Vol. 3. No. 2.

Amirullah, Gufron. dkk. (2019). “Pengaruh Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X”. Jurnal Bioeduscience. Vol. 03. No. 02. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/bioeduscience/article/view/3636

Eka Fitri Puspa Sari (2016). “Penerapan Model Active Knowledge Sharing dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII di SMPN 18 Palembang”, Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, Vol. 5, No. 3.

Fitria, Maulida dkk. (2020). “Penggunaan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Keaktifak Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 4 Aceh Barat Daya”. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah. Vol. 5. No. 2. https://jim.usk.ac.id/sejarah/article/view/15612

Hariati, Emy, Edi Azwar dan Masnadi. (2017). “Pengaruh Model Active Knowlede Sharing Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Regulasi di Kelas XI SMA Yapim Sei Gelugur”. Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya”. https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28383/

Mulyadi, Adlim dan Djufri (2014), Memberdayakan Kemampuan Berpikir Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Reading Questioning And Answering (RQA), Jurnal Biotik Vol. 2, No. 1. DOI: https://doi.org/10.22373/biotik.v2i1.2511

Ramadhani, Rahmi. dkk. (2020). Belajar dan Pembelajaran: Konsep dan Pengembangan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Rangkuti, Ahmad Nizar. (2014). Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Cipta Pustaka Medis.

Sutaryo. (2008). Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing. Bondowoso: KGPAI Bondowoso.

Yulisma, Lia dan Devi Mariana. (2018). “Pengaruh Penggunaan Model Aktive Knowledge Sharing Terhadap Aktivitas Belajar Siswa di SMAN 2 Ciamis”, Jurnal Wahana Pendidikan. Vol. 5. No. 2. https://jurnal.unigal.ac.id/jwp/article/view/1516

Downloads

Published

2025-12-02

How to Cite

Pengaruh Model Active Knowledge Sharing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Monera. (2025). JURNAL ILMIAH MAHASISWA , 3(2), 57-65. https://doi.org/10.22373/txkstq60