Peningkatan Motivasi Berprestasi Melalui Teknik Reinforcement Pada Siswa MTsN 3 Banda Aceh
DOI:
https://doi.org/10.22373/094frq05Keywords:
Motivasi Berprestasi, Teknik ReinforcementAbstract
Motivasi berprestasi merupakan suatu keinginan untuk menyelesaikan suatu usaha dengan tujuan mencapai keberhasilan dan berjuang hingga sukses. Namun yang terjadi di MTsN 3 Banda Aceh masih banyak siswa yang memiliki motivasi berprestasi yang rendah khususnya di kelas VIII hal ini dibuktikan dengan kurangnya usaha atau kemauan siswa dalam menyelesaikan tugas yang diberikan saat proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan motivasi berprestasi melalui penerapan teknik reinforcement pada siswa MTsN 3 Banda Aceh. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan model One Group Pre-test Post-test Design. Sampel berjumlah 8 siswa yang didapat melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan angket (kuesioner) untuk mengukur motivasi berprestasi siswa. Teknik analisis data menggunakan uji-t, hasil yang didapat menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan treatment menggunakan teknik reinforcement layanan konseling kelompok. Berdasarkan hasil analisis data penelitian didapatkan nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu sebesar 61.77 (pre-test) dan 88.37 (post-test), dari hasil tersebut diperoleh bahwa penerapan teknik reinforcement dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa berada pada kategori cukup efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik reinforcement melalui layanan konseling kelompok mampu meningkatkan motivasi berprestasi pada siswa MTsN 3 Banda Aceh.
References
DAFTAR PUSTAKA
Amseke. F.V, “Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Motivasi Berprestasi”. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 1, No. 1, Juli 2018, h. 66-67
Andreas Bordes, Jimmy Elya Kurniawan. “Hubungan Motivasi Berprestasi dengan Minat Berwirausaha Mahasiswa Psikologi”. Jurnal Psikologi. Vol. 1, No. 1, Tahun 2017, h. 76-84
Bambang Dibyo Wiyono. “Keefektifan Solution-Focused Brief Group Counseling Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan”. Jurnal Ilmiah Konseling Indonesia, Vol.1, No. 1, Oktober 2015
D. Gunarsa, Singgih dan Yulia Singgih. (2008). “Psikologi praktis : anak, remaja, dan keluarga.” Jakarta : BPK Gunung Mulia.
Diah Wijayanti. (2019). Biostatistika. Malang : Media Nusa Creative.
Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Elisabeth Prihandrijani. (2016). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Dukungan Sosial Terhadap flow Akademik pada Siswa SMA “X” di Surabaya. Tesis Magister Psikologi, Universitas Airlangga Surabaya
Elvi Susanti, dkk. (2021). Buku Ajar Statistika Untuk Perguruan Tinggi. Jawa Barat : CV. Adanu Abimata.
Fathnur Sani. (2018). Metodologi Penelitian Farmasi Komunitas dan Eksperimental.Yogyakarta.
Gottlieb. Benjamin,H. (1983). “Social support strategies : Gudelines For Mental Health Practice”. Beverly Hills, California : Sage Publication Inc, London.
Herni Yuniarti Suhendri, dkk. (2023). Berfikir Komputasi Dalam Pembelajaran Fisika. Makassar : CV. Tohar Media.
Hironimus Ghodang dan Hartono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Konsep Dasar Aplikasi Analisis Regresi dan Jalur SPSS. Medan : PT. Mitra Grup.
Muhammad Fathurrohman. (2017). “Belajar dan Pembelajaran Modern”. Yogyakarta: Garudhawaca.
Skinner, B.F. (1953). “Science and Human Behavior”. New York: Macmillan.
Sri Bintang Anshar Alim Thorifah, dkk. “Peran Konselor dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Akademik Siswa Melalui Layanan Bimbingan dan Konseling”. Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, Vol. 3, No. 1, Tahun 2020
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. Wiratna, (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Syamsiah Badruddin, dkk. (2020). Dasar-Dasar Statistik Sosial. Yogyakarta : Zahir Publishing.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mukhlis, Ulfa Fitria, Fakhri Yacob

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.






