Klorofil pada Tumbuhan Famili Myrtaceae di Taman Buah Lubuk Pakam Sumatera Utara

  • Alfina Nabilah Husna Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh
  • Nurdin Amin Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh
  • Anton Widyanto Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh
  • Lina Rahmawati Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh
Keywords: Klorofil, Famili Myrtaceae, Taman Buah Lubuk Pakam

Abstract

Kadar klorofil tumbuhan Famili Myrtaceae penting dikaji untuk memberi gambaran dan informasi mengenai banyaknya klorofil serta manfaatnya. Pengukuran kadar klorofil pada tumbuhan Famili Myrtaceae di Taman Buah Lubuk belum pernah dilakukan sehingga perlu adanya tambahan referensi pada mata kuliah Fisiologi Tumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah rata-rata kadar klorofil tumbuhan famili Myrtaceae. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode spektrofotometri dengan teknik pengambilan sampel secara Purposive Sampling. Parameter yang diukur dalam penelitian ini adalah kandungan klorofil a, klorofil b, dan klorofil total pada daun Famili Myrtaceae yang tidak ternaung dan yang ternaung. Jumlah rata-rata kandungan klorofil a pada daun yang tidak ternaung tumbuhan famili myrtaceae di Taman Buah Lubuk Pakam yaitu 1,166 mg/l, sedangkan pada daun yang ternaung yaitu 1,474 mg/l. Jumlah rata-rata kandungan klorofil b pada daun yang tidak ternaung tumbuhan famili myrtaceae di Taman Buah Lubuk Pakam yaitu 1,886 mg/l, sedangkan pada daun yang ternaung yaitu 2,768 mg/l. Jumlah rata-rata kandungan klorofil total pada daun yang tidak ternaung tumbuhan famili myrtaceae di Taman Buah Lubuk Pakam yaitu 2,269 mg/l, sedangkan pada daun yang ternaung yaitu 2,457 mg/l.

References

Ajiningrum, P. S. 2018. “Kadar Total Pigmen Klorofil Tanaman Avicennia marina pada Tingkat Perkembangan Daun yang berbeda”. Stigma. Vol. 11. No. 2.
Gohahu, Yeni. Dkk. 2016. “Konsentrasi Klorofil pada Beberapa Varietas Tanaman Puring (Codiaeum varigatum L.)”. Jurnal Mipa Unstrat Online. Vol. 5. No. 2.
Lenaini, Ika. 2021 “Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling”. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah. Vol. 6. No. 1.
Mansur, Muhammad. 2017. “Potensi Serapan CO2 pada Beberapa Jenis Kantong Semar Nepenthes spp.) Dataran Rendah”. Berita Biologi. Vol. 16. No. 1.
Noraidah, Lutfiasari dan Dharmono. 2018. “Keanekaragaman Spesies Tumbuhan Famili Myrtaceae di Hutan Pantai Tabanio, Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut”. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah. Vol. 3. No. 1.
Rohmat, Nur. Dkk. 2014. “Pengaruh Perbedaan Suhu dan Lama Penyimpanan Rumput Laut Sargassum polycystum Terhadap Stabilitas Ekstrak Kasar Pigmen Klorofil”. Jurnal Pengolahan dan Bioteknologi Hasil Perikanan. Vol. 3. No. 1.
Suhumena, Muhammad Handoyo. Dkk. 2020. “Identifikasi Jamu yang Beredar di Kota Kendari Menggunakan Metode Spektrofotometri UV-VIS”. Journal Syifa Sciences and Clinical Research. Vol. 2. No. 2.
Wiraatmaja, I Wayan. 2017. Bahan Ajar Fotosimtesis. Bali: Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian Universitas Udayana.
Published
2023-12-25
How to Cite
Alfina Nabilah Husna, Nurdin Amin, Anton Widyanto, & Lina Rahmawati. (2023). Klorofil pada Tumbuhan Famili Myrtaceae di Taman Buah Lubuk Pakam Sumatera Utara. JURNAL ILMIAH MAHASISWA, 1(2), 60-69. Retrieved from https://jim.ar-raniry.ac.id/index.php/ej/article/view/457