PENGARUH PERILAKU MAHASISWA TERHADAP FAKTOR PENGAMBILAN KEPUTUSAN BELANJA GADGET DALAM PERSPEKTIF KONSUMSI ISLAMI (Studi Terhadap Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh)

  • Firjatullah Firjatullah Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Muhammad Zulhilmi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Rina Desiana Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
Keywords: Keputusan Belanja, Gaya Hidup, Kualitas Produk, Harga, Konsumsi Islami

Abstract

Keputusan belanja adalah beberapa tahapan yang dilakukan oleh konsumen sebelum melakukan keputusan belanja suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup, kualitas produk, dan harga terhadap perilaku mahasiswa dalam pengambilan keputusan belanja gadget dalam perspektif konsumsi Islami. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, menggunakan desain penelitian cross sectional study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku mahasiswa dalam pengambilan keputusan belanja gadget pada sebesar 0,302. Kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku mahasiswa dalam pengambilan keputusan belanja gadget sebesar 0,366. Harga berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku mahasiswa dalam pengambilan keputusan belanja gadget sebesar 0,342. Maka secara simultan gaya hidup, kualitas produk, dan harga berpengaruh signifikan serta positif terhadap perilaku mahasiswa dalam pengambilan keputusan belanja gadget.

Published
2020-06-30
How to Cite
Firjatullah, F., Zulhilmi, M., & Desiana, R. (2020). PENGARUH PERILAKU MAHASISWA TERHADAP FAKTOR PENGAMBILAN KEPUTUSAN BELANJA GADGET DALAM PERSPEKTIF KONSUMSI ISLAMI (Studi Terhadap Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(1), 95-110. https://doi.org/10.22373/jimebis.v1i1.114
Section
Articles