Analisis Dimensi Kognitif Aspek Faktual Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi

Authors

  • Barmawi Barmawi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Jamaluddin Jamaluddin Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Sri Suyanta Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Silahuddin Silahuddin Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Julia Aridhona Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Keywords:

Analisis, Dimensi kognitif aspek faktual, Pendidikan agama islam

Abstract

Aspek faktual adalah informasi yang didasarkan pada fakta yang dapat diverifikasi secara objektif sebagaimana pengetahuan yang berdasarkan pada kejadian nyata, observasi, atau data empiris yang dapat diuji kebenarannya. Pengetahuan faktual terbagi menjadi dua subjenis yaitu pengetahuan terminologi dan pengetahuan tentang detail-detail dan elemen-elemen yang spesifik. Aspek pengetahuan faktual dalam Pendidikan agama islam yaitu: sejarah islam, Al-Qur’an, hadis, aqidah, fiqih, akhlak, tasawuf dan kebudayaan islam. Faktor dari  faktual dalam pendidikan agama islam yaitu: pemahaman Al-Qur’an dan  hadis, sejarah islam, prinsip aqidah dan akhlak, fiqih, konteks sosial dan budaya seta kritisisme dan analisis. Tujuannya adalah untuk mengetahui gambaran dimensi kognitif pengetahuan faktual pendidikan agama islam di perguruan tinggi. Menggunakan metode Review Literatur, yang mana penulis mengidentifikasi sumber literatur yang relevan kemudian mengumpulkan data dari penelitian-penelitian tersebut, serta menganalisis dan mensintesis data penelitian yang sesuai dengan tema yang diangkat. Hasilnya terdapat kaitan yang sangat   penting antara Pendidikan Agama Islam, dimensi kognitif, dan pengetahuan faktual dalam membentuk pemahaman yang holistik tentang agama Islam dan bagaimana ia memengaruhi pikiran, perilaku, dan nilai-nilai individu muslim terutama bagi para mahasiswa di perguruan tinggi.

Downloads

Published

2024-06-27