ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK ASURANSI JIWA MENGGUNAKAN METODE SWOT (STUDI PADA PT.TAKAFUL KELUARGA CABANG BANDA ACEH)

Authors

  • Tasya Nazila Univeritas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Muhammad Arifin Univeritas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Dara Amanatillah Univeritas Islam Negeri Ar-Raniry

DOI:

https://doi.org/10.22373/jimebis.v1i2.134

Keywords:

Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Asuransi Jiwa

Abstract

Produk asuransi jiwa merupakan produk yang mendominasi pada perusahaan asuransi PT. Takaful Keluarga Cabang Banda Aceh berdasarkan peningkatan nasabah pada setiap tahunnya, akan tetapi pada empat tahun terakhir terjadinya penurunan pertambahan jumlah nasabah dari tahun sebelumnya, sehingga diperlukan strategi pemasaran seperti analisis SWOT untuk meningkatkan kembali nasabah pada produk asuransi jiwa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis SWOT dalam strategi pemasaran pembiayaan produk asuransi jiwa pada PT. Takaful Keluarga Cabang Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran produk asuransi jiwa pada PT. Takaful Keluarga Cabang Banda Aceh menggunakan bauran pemasaran 4P yaitu product, price, place, dan promotion. Berdasarkan hasil analisis SWOT diketahui bahwa nilai skor IFAS adalah 2,39 dan nilai skor EFAS adalah 2,95. Artinya PT. Takaful Keluarga Cabang Banda Aceh dapat memanfaatkan peluang dan ancaman yang ada untuk meningkatkan pertumbuhan dan kemajuan secara maksimal.

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Nazila, T. ., Arifin, M. ., & Amanatillah, D. . (2020). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK ASURANSI JIWA MENGGUNAKAN METODE SWOT (STUDI PADA PT.TAKAFUL KELUARGA CABANG BANDA ACEH). urnal lmiah ahasiswa konomi an isnis slam, 1(2), 84–99. https://doi.org/10.22373/jimebis.v1i2.134

Issue

Section

Articles