PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KONSUMEN TOKO RATU TEXTILE BANDA ACEH)

Authors

  • Mutiara Kinanti Univeritas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Hafidhah H Univeritas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Aida Rina Univeritas Islam Negeri Ar-Raniry

DOI:

https://doi.org/10.22373/jimebis.v1i2.127

Keywords:

Bauran Promosi, Periklanan, Promosi Penjualan, Penjualan Pribadi, dan Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini dilakukan di toko Ratu Textile pada konsumen yang pernah melakukan pembelian ulang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat “Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Konsumen Toko Ratu Textile Banda Aceh”. Variabel yang diambil pada penelitian ini adalah periklanan, promosi penjualan dan penjualan pribadi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dimana sampel yang diambil sebanyak 125 responden yaitu seluruh pelanggan toko Ratu Textile di Banda Aceh. Data yang digunakan adalah data primer yaitu mengedarkan daftar pertanyaan dalam bentuk kuesioner. Metode analisis penelitian dilakukan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa periklanan, promosi penjualan, dan penjualan pribadi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel yaitu 56,228 > 2,68. Periklanan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian hasil ini dibuktikan dengan Thitung < Ttabel 1,902 < 1,979. Promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian hasil ini dibuktikan dengan Thitung > Ttabel 3,098 > 1,979. Penjualan pribadi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian hasil ini dibuktikan dengan Thitung > Ttabel 6,307 > 1,979.

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Kinanti, M. ., H, H., & Rina, A. . (2020). PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KONSUMEN TOKO RATU TEXTILE BANDA ACEH). urnal lmiah ahasiswa konomi an isnis slam, 1(2), 1–20. https://doi.org/10.22373/jimebis.v1i2.127

Issue

Section

Articles