PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BESARAN PREMI TERHADAP KEPUASAN MENJADI NASABAH ASURANSI JIWA PT. SUN LIFE FINANCIAL SYARIAH CABANG BANDA ACEH
DOI:
https://doi.org/10.22373/jimebis.v1i1.113Keywords:
Kualitas Pelayanan, Besaran Premi, Kepuasan Menjadi NasabahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui baik parsial maupun simultan pengaruh kualitas pelayanan dan besaran premi terhadap kepuasan menjadi nasabah asuransi jiwa PT. Sun Life Financial Syariah Cabang Banda Aceh. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu Probability Sampling dengan teknik Simple Random Sampling. Dalam penelitian ini sampel yang diambil sebanyak 73 orang nasabah. Data yang dipakai adalah data primer dalam bentuk kuesioner dan data sekunder yaitu data-data berupa dari literatur-literatur kepustakaan. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS 23. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis uji asumsi klasik, regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil pengujian uji simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan besaran premi berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan menjadi nasabah asuransi jiwa PT. Sun Life Financial Syariah Cabang Banda Aceh. Hasil uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan besaran premi berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan menjadi nasabah asuransi jiwa PT. Sun Life Financial Syariah Cabang Banda Aceh.