Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi Keluarga Melalui Industri Kopi Rumahan

  • Uliya Azra Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Saifullah S UIN Ar-Raniry, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Keywords: Home coffee industry, welfare, family economy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran, faktor pendukung dan penghambat industri kopi rumahan terhadap peningkatan kesejahteraan ekonomi keluarga pekerja dan masyarakat di sekitar industri rumahan Malem Diwa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan metode wawancara secara langsung. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peran industri kopi rumahan Malem Diwa mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga, serta dapat membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat di sekitar industri rumahan, sehingga masyarakat memperoleh pendapatan untuk mensejahterakan ekonomi keluarga dalam memenuhi kebutuhan keluarga. Faktor pendukung industri rumahan Malem Diwa yaitu sumber modal usaha dari pemilik, tenaga kerja, bahan baku dengan kualitas baik serta teknologi. Sedangkan faktor penghambat terkendala pada kurangnya modal usaha dan sarana prasrana dalam menunjang aktifitas pengelolaan industri kopi rumahan.

References

(2019). In Kemenperin, Analisis Perkembangan. Industri (pp. Edisi III-2018). Jakarta Selatan: PUSDATIN KEMENTRIAN PERINDUSTRIAN.

(2021). In Dirjen Perkebunan Indonesia, Jumlah Produksi Kopi di Indonesia Tahun 2021. https://www.pertanian.go.id/home/index.php?show=repo&fileNum=212.

Afriliana, & Asmak. (2018). Teknologi Pengolahan Kopi Terkini (1 ed., Vol. 1). Yogyakarta: Deepublish.

Badan Pusat Statistik (2002).

Carunia, M. F. (2017). Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Gunawan, A., Katili, P. B., & Lestari, M. (2017, Oktober). Pemetaan Potensi Industri Kreatif Unggulan Untuk Meningkatkan Petumbuhan Ekonomi. Journal Industrial Servicess, 3, 203-209.

Morrisan. (2012). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Muliawan. (2008). Jasa Unggul Manajemen Industri rumahan. Yogyakarta: Banyu Media.

Priyono, & Marnis. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Raharjo. (2017). Berkebun Kopi. Jakarta: Swadaya.

Riri. (2022). Strategi Pemasaran. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Rosid. (2017). Pengantar Teori Ekonomi : Pendekatan Kepada Teori Ekonomi Mikro dan Makro. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Silvia. (2019). Peran Industri rumahan Gerabah Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga Di Desa Rendeng Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro. Surabaya: UIN Sunan Ampel.

Soekanto, S. (2015). Sosiologi Sesuatu Pengantar. Jakarta: PT Rajawali Pers.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sukirno, S. (2013). Makro Ekonomi, Teori Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sukirno, S. (2013). Mikroekonomi Teori Pengantar (Vol. Edisi Ketiga). Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Tambunan. (2016). Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia (Beberapa Isu Penting). Jakarta: Salemba Medika.

Wenny. (2018). Teknologi Pengolahan Kopi. Jakarta: MNC Publishing.

Published
2023-04-12
How to Cite
Azra, U., & S, S. (2023). Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi Keluarga Melalui Industri Kopi Rumahan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(1), 18-26. https://doi.org/10.22373/jimebis.v4i1.309
Section
Articles